Jumlah Pengunjung :
18,343,777
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


5M, Tugas Bendahara Pengeluaran
Rabu, 11 Agustus 2010 | Oleh: redaksi () | 15335 x dibaca

Liputan Diklat Fungsional Bendahara Pengeluaran Angkatan III  Tahun 2010 Di Ternate
Ternate, perbendaharaan.go.id - Sebanyak tiga puluh delapan peserta dari berbagai satuan kerja pada beberapa kementerian negara/lembaga yang berada di wilayah Provinsi Maluku Utara, mengikuti Diklat Fungsional Bendahara Pengeluaran Angkatan III, di KPPN Ternate, dimulai dari tanggal 26 Juli s.d. 7 Agustus 2010.

Didasari oleh adanya kebutuhan tenaga pengelola keuangan negara, khususnya Bendahara Pengeluaran yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang baik dalam melaksanakan, menatausahakan, dan mempertanggungjawabkan pengelolaan DIPA satuan kerja bersangkutan sesuai dengan peraturan yang berlaku, Balai Diklat Keuangan Manado bekerja sama dengan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Ternate melaksanakan Diklat Fungsional Bendahara Pengeluaran Angkatan III Tahun 2010.

Para pengajar berasal dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Ternate, dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ternate.

Materi yang diterima oleh para peserta diklat antara lain (1) Pengujian dan Pembayaran Tagihan, (2) Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Negara, (3) Pengujian dan Pembayaran Tagihan, (4) Perpajakan Bendahara Pengeluaran, (5) Pengelolaan Uang Persediaan, (6) Pembukuan Bendahara Pengeluaran, (7) Etika Profesi PNS, (8) Pelaporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran, (9) Ceramah Pemberantasan Korupsi dan Penyelesaia Kerugian Negara, dan (10) Ceramah Kebijakan APBN.

Rahadi, Kepala Balai Diklat Keuangan Manado, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara dan Kepala KPPN Ternate yang bersedia melaksanakan kerja sama di dalam penyelenggaraan diklat. Beliau berharap agar kerja sama serupa dapat dilaksanakan kembali pada masa-masa mendatang. Selain itu, Beliau juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi bagi satuan-satuan kerja di Provinsi Maluku Utara, yang memberikan perhatian terhadap peningkatan kompetensi sumberdaya manusia, terutama di bidang pengelolaan keuangan. Hal ini terlihat, sampai dengan hari pelaksanaan diklat masih terdapat satker-satker yang mendaftarkan diri untuk dapat mengirimkan pegawainya untuk dapat mengikuti diklat fungsional bendahara pengeluaran. Namun, karena alokasi jumlah peserta yang memang terbatas, maka permintaan tersebut masih belum bisa dipenuhi.

Sedangkan, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Hendro Baskoro, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BDK Manado yang mempercayakan pelaksanaan Diklat Fungsional Bendahara Pengeluaran Angkatan III Tahun 2010 di Ternate. Selain itu, Beliau juga memberikan apresiasi kepada Kepala KPPN Ternate, I Nengah Gradug berserta staf, karena dengan waktu yang terbatas, dapat mempersiapkan dan menyelenggarakan pelaksanaan diklat. Kepada para peserta diklat, beliau berharap agar pelaksanaan diklat ini dapat meningkatkan kompetensi para peserta dan sekembalinya ke instansi masing-masing dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di bidang pengelolaan keuangan negara khususnya mengenai tata cara pembukuan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara pengeluaran.

Selain itu, Hendro Baskoro juga berpesan agar para bendahara dan calon bendahara dapat menerapkan prinsip 5M sebagai tugas seorang bendahara pengeluaran, yaitu menerima, menyimpan, membayar, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan uang yang dikelolanya dalam pelaksanaan APBN sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Beliau juga mengingatkan bahwa tanggungjawab seorang bendahara pengeluaran sangat berat karena itu harus bisa memegang amanah yang diberikan, karena bertanggungjawab secara pribadi atas uang yang dikelolanya serta melaksanakan kewajiban bendahara pengeluaran untuk menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara Pengeluaran kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara selaku Kuasa BUN.

Sebagai evaluasi, pada akhir kegiatan kepada para peserta diklat dilaksanakan ujian terhadap materi-materi yang telah diberikan oleh para pengajar selama dua hari.

Oleh : M Irfan Suryawardana, Kontributor Kanwil DJPBN Prov Malut

Berita Nusantara Lainnya

KPPN Medan I Siaga Satu “Mengawal Piloting SPAN”
Rakorev Kegiatan Pembangunan Dana APBN/APBD Triwulan II Provinsi Gorontalo
Focus Group Discussion Evaluasi Penerapan Perencanaan Kas G-2
Sinergi Dalam Proyeksi Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi
Komitmen Bersama dalam Mewujudkan Kemandirian Fiskal di Sulawesi Tenggara

Komentar Pengunjung

Diklat bendahara Kalbar?
2011-12-20 19:59:16, - oleh : Sumarno, A.Md
Diklat untuk bendahara pengeluaran kalbar kapan ya.... kebanyakan bendahara pengeluaran di kalbar dapat ilmunya turun temurun dari senior dan tanya sana sini.


Diklat Bendahara Pengeluaran
2011-04-10 11:47:53, - oleh : Arahman
mohon diadakan diklat bendahara pengeluaran di daerah kalteng khususnya di Kabupaten Sukamara, mengingat tugas sebagai bendahara pengeluaran sangat besar tanggung jawabnya, untuk itu kami harapkan bimbingan teknis yg bisa kami pakai acuan/langkah dalam bertugas,terima kasih


bagikan
2011-03-30 10:44:31, - oleh : zaki
kapan di adakan di HALSEL y?


Beratnya jadi Bendahara
2011-03-23 22:38:28, - oleh : Andi
Mau tanya apakah pada proses Pencairan dana dengan LS ke pihak ke3 Bendahara juga bertanggungjawab seandainya ada masalah ?


diadakan di kalteng
2011-01-08 15:51:36, - oleh : yan_bagus
mohon diadakan diklat bendahara pengeluaran di daerah kalteng khususnya di lingkungan sekolah tinggi Agama Negeri, ditugaskan sebagai bendahara pengeluaran memang sangat tinggi tanggung jawabnya, untuk itu kami harapkan bimbingan teknis yg bisa kami pakai acuan/langkah dalam bertugas,terima kasih.


1 | 2 | 3 | 4 | Next »
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia