Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Jumlah Pengunjung :
18,535,916
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Penyerahan Penghargaan Uappa-W Dan Uakpa Terbaik Serta Pegawai Dengan Kinerja Terbaik Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Dki Jakarta T.A. 2010
Rabu, 1 Juni 2011 | Oleh: redaksi () | 1892 x dibaca

Jakarta, perbendaharaan.go.id - Penyelenggaraan acara Penyerahan Penghargaan UAPPA-W dan UAKPA terbaik serta Pegawai dengan Kinerja Terbaik Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2010, yang disampaikan langsung oleh Bapak Dirjen Perbendaharaan dengan didampingi Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta pada hari Selasa, 24 Mei 2011 di aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta.

Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka  memberikan apresiasi dan penghargaan serta wujud nyata perhatian yang serius dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta pada khususnya dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada umumnya atas keberhasilan usaha-usaha yang telah dijalankan dalam pelaksanaan tata kelola keuangan bagi seluruh Satuan Kerja selaku Unit  Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) yang merupakan mitra Kanwil, maupun selaku Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) sebagai mitra KPPN.

Di sisi lain dari lingkungan internal Kanwil dan KPPN sendiri, selaku Kuasa Bendahara Umum Negara, setiap pegawai yang telah memberikan kontribusi, dedikasi dan loyalitas dalam rangka pelayanan kepada seluruh Satuan Kerja yang bebas biaya, bebas gratifikasi termasuk Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK) sehingga mampu menghasilkan kinerja terbaik, juga diberikan apresiasi tersendiri.

Selain karena kerja keras yang ikhlas dan tiada kenal lelah, dari para pegawai, pengorbanan mereka baik dari segi tenaga, waktu dan pikiran  selaku ujung tombak pelayanan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dalam jangka waktu setahun pada T.A 2010 memberikan kontribusi yang besar dan nyata dalam pencapaian prestasi yang diperoleh Ditjen Perbendaharaan.
Pemberian penghargaan pada para UAPPA-W dan UAKPA, juga tidak bisa dilepaskan dari komitmen, peran aktif dan langkah serta tindakan yang proaktif dari seluruh pimpinan Satker selaku Kuasa Pengguna Anggaran yang telah berhasil memimpin Satuan Kerja  sehingga mampu menuju pelaporan keuangan yang baik.

Di lain pihak bagi Unit Akuntansi yang belum mendapat penghargaan pada tahun ini, semoga pada tahun mendatang akan terangsang untuk memperbaiki tata kelola keuangannya. Walaupun tidak mempunyai nilai material, penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan yang tidak dapat dibeli ataupun dinilai dalam bentuk uang dan tidak semua Satuan Kerja dapat memilikinya.
Bagi para pegawai yang telah membuktikan kinerjanya selama tahun 2010, agar senantiasa berjuang memberikan pelayanan sesuai SOP yang ada, tanpa menghilangkan prinsip kehati-hatian. Selain itu, kegiatan penyerahan penghargaan kepada Satker, diharapkan menjadi momentum yang baik untuk sarana optimalisasi membangun pondasi sistem pelaporan keuangan melalui personil pengelola keuangan, organisasi pengelola keuangan, sistem pengelola keuangan, komitmen pimpinan, proses akuntansi, prosedur, database keuangan, pengawasan intern, dan tindaklanjut hasil pemeriksaan, serta pemecahan masalah dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2011.

Selanjutnya rincian kegiatan yang dilaksanakan dalam penyelenggaraan penyerahan penghargaan UAPPA-W dan UAKPA terbaik serta Pegawai dengan Kinerja Terbaik Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2010, sebagai berikut :



  1. Kegiatan pemilihan Satuan Kerja selaku UAPPA-W dan UAKPA terbaik serta Pegawai dengan Kinerja Terbaik Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2010, dilaksanakan berdasarkan Surat Tugas Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta No. ST-63/WPB.12/BG.0101/2011 Tanggal 21 Maret 2011 oleh Tim Penilai UAPPA-W dan UAKPA serta Penilai Pegawai dengan Kinerja Terbaik dalam jangka waktu penilaian  selama satu tahun, dengan hasil peringkat I sampai dengan III.



  2. Penilaian UAPPA-W sebagai mitra Kanwil dilaksanakan kepada seluruh UAPPA-W yang berjumlah 61, dengan kriteria dan indikator penilaian sebanyak 6 (enam) unsur yang meliputi Jumlah Satuan Kerja dalam Satu UAPPA-W, Ketepatan Waktu Pelaksanaan Rekonsiliasi,  Kecepatan Perbaikan terhadap Hasil Rekonsiliasi, Keakurasian Data Softcopy maupun Hardcopy Laporan Keuangan, Kevalidan dan Keandalan Isi Laporan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan dan Kelengkapan Laporan Keuangan yang dikirimkan sesuai Ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 171/PMK.05/2007 tentang Sistem Akuntansi dan pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat beserta peraturan pelaksanaannya.



  3. Penilaian UAKPA sebagai mitra KPPN dilaksanakan kepada seluruh UAKPA yang berjumlah masing-masing KPPN sebagai berikut : KKPN Jakarta I terdapat 415 Satker / UAKPA, KPPN Jakarta II terdapat 275 Satker / UAKPA, KPPN Jakarta III terdapat 307 Satker / UAKPA, KPPN Jakarta IV terdapat 331 Satker / UAKPA, KPPN Jakarta V terdapat 340 Satker / UAKPA dan KPPN Khusus Jakarta VI terdapat 291 Satker / UAKPA. Sehingga secara keseluruhan terdapat 1.959 Satker / UAKPA. Kriteria dan indikator yang digunakan sama dengan yang dilaksanakan terhadap UAPPA-W.



  4. Penilaian pegawai berkinerja terbaik dilakukan pada masing-masing Kanwil dan KPPN dengan kriteria umum adalah pegawai yang telah bekerja terus menerus pada unit kerja yang sama minimal selama 3 (tiga) bulan. Kriteria dan Indikator yang digunakan dalam penilaian pegawai terdapat 8 ( delapan ) unsur, meliputi : Integritas, Profesional, Inovatif, Transparan, produktif, Orientasi Pelayanan Pelanggan, Kemampuan Adaptasi dan Kemampuan Bekerja dalam Tim.



  5. Penilaian Pegawai dilaksanakan pada masing-masing Kanwil dan KPPN dengan rincian jumlah pegawai sebagai berikut : Kanwil sebanyak 195 pegawai, KPPN Jakarta I sebanyak 67 pegawai, KPPN Jakarta II sebanyak 66 pegawai, KPPN Jakarta III sebanyak 96 pegawai, KPPN Jakarta IV sebanyak 49 pegawai, KPPN Jakarta V sebanyak 91 pegawai dan KPPN Khusus Jakarta VI sebanyak 54 pegawai. Sehingga secara keseluruhan pegawai yang ada di lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta yang diberikan penilaian berjumlah 618 pegawai.


Oleh: Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta – Kementerian Keuangan RI

Berita Nusantara Lainnya

Satker Berkinerja Terbaik Triwulan II Mendapatkan Kartu Prioritas Bebas Antrian Di KPPN Makassar II
“Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 Di Bumi Gurindam 12”
KPPN Medan I Siaga Satu “Mengawal Piloting SPAN”
Rakorev Kegiatan Pembangunan Dana APBN/APBD Triwulan II Provinsi Gorontalo
Focus Group Discussion Evaluasi Penerapan Perencanaan Kas G-2
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia
FECHAR