Jumlah Pengunjung :
18,330,455
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Meraih Prestasi Berkat Kerja Keras dan Kesungguhan
Jumat, 24 Juni 2011 | Oleh: redaksi () | 1519 x dibaca

Liputan Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan KL dan Launching Aplikasi Rekonsiliasi Data SAU dan SAI melalui Web Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Banten
Serang, perbendaharaan.go.id-Dalam rangka meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah menuju opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten menyelenggarakan Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/ Lembaga Tingkat Wilayah (15/6/2011). Acara tersebut diikuti oleh seluruh Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Tingkat Wilayah (UAPPA-W) lingkup Provinsi Banten.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Aklap Kanwil DJPBN Prov. Banten Agnes Harijati mengatakan bahwa kualitas dari Laporan Keuangan Pemerintah sangat tergantung pada kualitas laporan keuangan yang disusun oleh unit akuntansi di tingkat wilayah. Oleh karena itu, lanjutnya, sosialisasi  dimaksudkan untuk mengupas aspek-aspek yang terkait dengan penyusunan laporan keuangan, yaitu penyusunan informasi akrual, pedoman penyusunan laporan keuangan pemerintah, dan rekonsiliasi data Sistem Akuntansi Umum dan Sistem Akuntansi Instansi.

Pada kesempatan yang sama, Agnes menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh UAPPA-W, akan dilakukan Launcing Aplikasi Rekonsiliasi Data SAU dan SAI melalui web. 

Sementara itu Kepala Kanwil DJPBN Prov. Banten S. Bambang Suroso, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini opini yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2010 adalah Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Terdapat peningkatan yang signifikan mengenai jumlah kementerian/ lembaga yang mendapat opini WTP, yakni dari 35 (2008) menjadi 45 (2009), dan 53 dari 84 (2010).  Menurutnya, pencapaian tersebut sebagian merupakan kontribusi UAPPA-W/ UAKPA. Tanpa kerja keras dan disiplin dalam melakukan rekonsiliasi dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan akan terjadi masalah ketika dilakukan rekonsiliasi pada tingkat di atasnya (eselon I). Menurutnya, untuk meningkatkan opini LKPP diperlukan sosialiasi yang terus menerus, kerja keras, serta disiplin dalam penyusunan laporan keuangan, baik ditingkat UAKPA maupun UAPPA-W.

Materi sosialisasi dibawakan oleh Muhamad Kadri, Untung Setya Nugraha, dan Tulus Eko Winarso dari Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Materi meliputi Pandangan Umum Sistem Akuntansi Instansi (SAK dan SIMAK-BMN), Per-65/PB/2009 tentang Pedoman Penyusunan LKKL, serta Prosedur Rekonsiliasi Data SAU dan SAI Tingkat Wilayah. Melalui Rekonsiliasi Data SAU dan SAI melalui web UAPPA-W akan sangat terbantu, di mana proses rekonsiliasi sudah tidak terbatas waktu dan tempat sehingga kapan pun dan di mana pun proses rekonsiliasi dapat dilakukan. Rekonsiliasi via web ini merupakan layanan unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten yang dikembangkan secara mandiri untuk mengingkatkan pelayanan kepada seluruh UAKPA/ UAPPA-W, utamanya dalam hal Rekonsiliasi Data SAU dan SAI.

Sebelum acara ditutup, diserahkan penghargaan kepada UAPPA-W terbaik lingkup Kanwil DJPBN Provi. Banten. Kriteria penilaian antara lain: ketepatan waktu pelaksanaan rekonsiliasi, kecepatan tindak lanjut perbaikan hasil rekonsiliasi, keakuratan data softcopy dan hardcopy laporan keuangan, tingkat validitas isi laporan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), serta kelengkapan laporan keuangan yang dikirimkan sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan no. 171/PMK.05/2007 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat beserta peraturan pelaksanaannya. Ada dua kategori UAPPA-W terbaik, yaitu kategori Kantor Daerah (KD) dan Kategori Dekonsentrasi/ Tugas Pembantuan (DK/TP). Untuk kategori KD terbaik diberikan kepada Polda Banten, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten, dan Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Provinsi Banten. Sedangkan untuk ketegori DK/TP terbaik diberikan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, Dinas Pendidikan Provinsi Banten, dan Dinas Sosial Provinsi Banten.

Dalam kesempatan pemberian penghargaan, Bambang Suroso menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi Ditjen Perbendaharaan, khususnya Kanwil DJPBN Provinsi Banten, kepada seluruh satuan kerja yang telah bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam penyusunan laporan keuangan.

Berita Nusantara Lainnya

KPPN Medan I Siaga Satu “Mengawal Piloting SPAN”
Rakorev Kegiatan Pembangunan Dana APBN/APBD Triwulan II Provinsi Gorontalo
Focus Group Discussion Evaluasi Penerapan Perencanaan Kas G-2
Sinergi Dalam Proyeksi Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi
Komitmen Bersama dalam Mewujudkan Kemandirian Fiskal di Sulawesi Tenggara
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia