Jumlah Pengunjung :
17,033,641
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Ikan Sepat Ikan Gabus, Makin Cepat Penyerapan Makin Bagus
Senin, 23 Juli 2012 | Oleh: redaksi (Media Center Ditjen Perbendaharaan) | 1123 x dibaca

Sosialisasi Aplikasi Perencanaan Kas, Evaluasi Penyerapan APBN, dan PIN PPSPM
Batam, perbendaharaan.go.id -
Sebanyak 122 Satuan kerja telah mengikuti Sosialisasi Aplikasi Perencanaan Kas, Evaluasi Penyerapan APBN, dan PIN PPSPM di aula KPPN Batam secara marathon, pada 3 – 6 Juli 2012. Setiap harinya, sosialisasi ini diikuti oleh 25 Satuan Kerja, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar setiap Pejabat Penandatangan SPM dapat melakukan registrasi PIN PPSPM sekaligus aktivasi PIN pada hari yang sama.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Batam Fauzi Syamsuri menekankan pentingnya penyerapan anggaran, karena belanja pemerintah merupakan salah satu faktor penting dalam mengekskalasi kesejahteraan masyarakat. Selain itu, Fauzi mengharapkan pencairan dana satuan kerja tidak menumpuk di akhir tahun. “Ikan sepat ikan gabus makin cepat penyerapan makin bagus,” candanya kepada para peserta soialisasi. Intinya bagaimana solusi penyerapan anggaran tepat waktu dengan tetap sesuai aturan dan akuntabel.

Fauzi melanjutkan, perencanaan kas tujuannya bukan untuk mempersulit Satker, tetapi membantu satker agar mendapatkan kas tepat waktu dan tepat jumlah. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mencari sumber pembiayaan yang efisien dalam hal terjadi kekurangan kas, sehingga pemerintah harus mencari sumber pembiayaan yang lain untuk memenuhi kewajiban pemerintah.

Fauzi menyampaikan pula bahwa Personal Identification Number PPSPM (PIN PPSPM) bersifat rahasia dan merupakan tanggung jawab PPSPM yang bertujuan meningkatkan good governance serta tentu saja sebagai instrumen keamanan dalam transaksi keuangan negara salah satunya menghindarkan adanya SPM fiktif.

Ditambahkan pula oleh Kepala Seksi Pencairan Dana, Selamet Riyadi, bahwa rata-rata penyerapan anggaran di wilayah kerja KPPN Batam telah mencapai 40,66%, dengan lima Kementerian/Lembaga dengan realisasi anggaran tertinggi yaitu Kementerian Dalam Negeri (62,20%), Kepolisian Negara Republik Indonesia (50,03%), Kementerian Pertanian (48,54%), Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (43,19%), serta Kementerian Perhubungan (41,60%). Acara kemudian dilanjutkan pemaparan tentang dasar hukum perencanaan kas sampai dengan Aplikasi Forecastng Satker yang telah terintegrasi dengan Aplikasi RKAKL-DIPA 2012 dan Materi PIN PPSPM serta Aplikasi Injeksi PIN.

Setelah acara selesai dilanjutkan dengan registrasi dan aktivasi PIN PPSPM. Sampai hari terakhir sosialisasi, dari 122 Satuan Kerja di wilayah kerja KPPN Batam, sudah 112 Satker (91,80%) yang telah melakukan registrasi PIN PPSPM dan 94 Satker (77,05%) telah melakukan aktivasi PIN PPSPM.

Oleh: Kontributor KPPN Batam

Berita Nusantara Lainnya

Penandatanganan Kesepakatan, Sebagai Upaya Perbaikan Penyerapan Anggaran di Wilayah D.I. Yogyakarta
Seminar Mini: “Spending Review” (Bringing Campus Life to Office)
Pengalihan Pengelolaan Belanja Pegawai POLRI di Bumi Sriwijaya
Kesuksesan Pembangunan di daerah butuh dukungan Pemerintah Pusat
Kontrak Kinerja Penyerapan Anggaran Tahun 2014
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia