Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Jumlah Pengunjung :
18,524,678
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Kepala KPPN Medan I : “Kami Siaga Satu ‘Mencerdaskan’ Satker”
Rabu, 3 Oktober 2012 | Oleh: redaksi () | 840 x dibaca

Liputan Sosialisasi PMK 113/PMK.05/2012, Surat Menteri Keuangan No.S-596/MK.05/2012
Medan-perbendaharaan.go.id -
“Satker dan KPPN harus saling bahu-membahu. Kita adalah mitra kerja. Kesulitan yang dirasakan satker adalah kesulitan KPPN, kelancaran kerja satker akan berimbas pada kelancaran tugas di KPPN. Untuk itu KPPN sebagai mitra kerja punya kewajiban moral untuk membina dan mencerdaskan satker. Apabila satker cerdas semua urusan berjalan lancar.”

“Diharapkan ADK dan hardcopy AFS yang dikirim ke KPPN deviasi akurasinya semakin mengecil bahkan diharapkan tidak ada sama sekali. Tingkat Pencairan dana melalui penerbitan SPM harus sesuai rencana yang tercermin pada : tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran, lengkap dan benar pengisian lampirannya. Sehingga tidak ada penumpukan SPM di akhir tahun. Penyampaian rekonsiliasi mesti disiplin dalam waktu dan pengisian semua elemen yang diperlukan dalam pelaporan. Kami siaga satu untuk mencerdaskan satker”, itulah inti dari pengarahan KPPN Medan I, Ria Hot Juanita Simbolon, dalam sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan No.PMK-113/PMK.05/2012, Surat Menkeu No.S-596/MK.05/2012, Evaluasi Penyerapan Anggaran, Retur SP2D, Demo aplikasi Konfirmasi setoran dan Antrian Pengajuan SPM, yang diadakan di Aula KPPN Medan I tanggal 26 September 2012.

Sosialisasi diadakan dalam 2 (dua) angkatan. Angkatan pertama jam 09.00 s.d. jam 12.00. Angkatan kedua pada jam 14.00 s.d. jam 17.00.

Pemateri pertama, Kepala KPPN Medan I, Ria Hot Juanita Simbolon, memaparkan penyelesaian retur SP2D dan antisipasi penumpukan SPM di akhir tahun. Untuk mengurangi banyaknya SPM yang diretur dihimbau kepada seluruh satker untuk memperhatikan penulisan nama, alamat, gelar, dan nomor rekening. Permasalahan tersebut yang banyak menyebabkan Bank me-retur SP2D karena tidak sesuai antara Buku Bank dan SPM.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan SPM di akhir tahun, KPPN Medan I bersama satker menghasilkan kesepakatan agar SPM yang diajukan ke KPPN perhari persatker tidak lebih dari 40 SPM. Apabila ada satker yang mengajukan lebih dari 40 SPM maka kelebihannya akan dikembalikan agar diajukan besok paginya. KPPN Medan I dengan Type A1 maksimum dapat melayani sebanyak 640 SPM perhari, dengan jumlah FO 4 orang.

Pemateri kedua Kusnedi, Kasi Verak, menyampaikan Evaluasi Penyerapan Anggaran Data Satker Tahun Anggaran 2012. Dalam penyerapan anggaran, satker Polri mendapat apresiasi dari Kepala KPPN karena rata-rata sudah mencapai 75%. Sementara 80 satker penyerapannya masih di bawah 60%, dan 10 satker penyerapannya masih 0%. Sebagian satker yang masih 0% sudah melapor dengan alasan belum ditetapkan pejabat pengelola keuangan.

Minar Wilfrida Saragih, sebagai pemateri ketiga menyampaikan PMK-113/PMK.05/2012 tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, dan Pegawai Tidak Tetap. Dijelaskan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara aturan yang lama dengan aturan yang baru. Dalam aturan yang baru istilah yang dipakai adalah SPD (surat Perjalanan Dinas). SPD dibuat oleh PPK sementara yang membuat Surat Tugas adalah KPA. Serta dijelaskan pula tentang prinsip, ruang lingkup, struktur, komponen-komponen biaya yang melekat sampai dengan mekanisme pembayaran perjalanan dinas.

Pemateri berikutnya, Ruben Fabian Posma, mendemokan tentang aplikasi Konfirmasi Setoran, dari login sampai pencetakan register konfirmasi. Beberapa keunggulan aplikasi ini adalah mempermudah proses pengecekan, membantu mempercepat konfrimasi. lebih efisien untuk konfrimasi dengan jumlah lebih dari sepuluh. Konfirmasi sebaiknya dilaksanakan paling cepat H+1 dari tanggal pembukuan yang diberikan oleh Bank/Pos Persepsi. Apabila ada kendala pada aplikasi maka KPPN Medan I siap siaga dengan konfirmasi secara manual agar pelayanan tetap berjalan optimal.

Kurniawan Hari Rahardjo, pemateri terakhir, mengulas tentang bagaimana mengambil nomor antrian by aplikasi sampai dengan pengecekan jumlah SPM perjenis belanja yang akan diajukan ke FO KPPN Medan I. Apalikasi ini dimaksdukan untuk lebih memberi rasa aman, nyaman, dan tertib kepada stakeholder. Aplikasi ini akan dilaunching per 1 Oktober 2012 bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.
Ada 168 Satker dari berbagai Jenis Kewenangan yang menjadi mitra kerja KPPN Medan I. Semua berkomitmen akan bekerja maksimal untuk melaksanakan amanat Menteri Keuangan sesuai arahan yang disampaikan oleh Kepala KPPN Medan I.

Acara sosialisasi diakhiri dengan sharing session sebagai upaya perbaikan layanan KPPN dan untuk meningkatkan kepuasan stakeholder. Sosialisasi berjalan lancar sesuai harapan. Dengan indikasi banyak peserta yang hadir serta aktifnya peserta dalam bertanya dan memberikan masukan untuk kemajuan bersama.

Tugas kewajiban bukanlah hal yang berat dan tidak akan menjadi beban apabila diniatkan untuk ibadah dengan saling bekerjasama serta dilaksanakan sesuai rencana yang matang agar tidak ada penumpukan pekerjaan di akhir tahun. “Kita bersama menjalin komitmen untuk melangkah maju dan bekerja lebih keras lagi agar segala pekerjaan berjalan lancar,” ungkap Kepala KPPN Medan I, Ria Hot Juanita Simbolon mengakhiri acara sosialisasi.

Kontributor : Warnoto KPPN Medan I

Berita Nusantara Lainnya

Satker Berkinerja Terbaik Triwulan II Mendapatkan Kartu Prioritas Bebas Antrian Di KPPN Makassar II
“Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 Di Bumi Gurindam 12”
KPPN Medan I Siaga Satu “Mengawal Piloting SPAN”
Rakorev Kegiatan Pembangunan Dana APBN/APBD Triwulan II Provinsi Gorontalo
Focus Group Discussion Evaluasi Penerapan Perencanaan Kas G-2
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia
FECHAR