Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Jumlah Pengunjung :
19,006,253
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Satukan Langkah Optimalkan Capaian Kinerja TA 2012
Rabu, 28 Nopember 2012 | Oleh: redaksi () | 1110 x dibaca

Liputan Rakorda II Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jateng
Wonosobo, perbendaharaan.go.id -
”Dengan Rakorda II tahun 2012 Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Percepatan Penyerapan DIPA dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat” menjadi tema dalam Rakorda II Tahun 2012 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah. Acara yang dibuka oleh Kepala Kanwil, Bjardianto Pudjiono, dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 24 Oktober 2012 dengan mengambil tempat di Hotel Kresna, Wonosobo.

Dalam sambutannya, Bjardianto Pudjiono menyampaikan bahwa Kanwil Ditjen Perbendaharaan mempunyai peran strategis dalam upaya mewujudkan misi Ditjen Perbendaharaan. Tugas Kanwil Ditjen Perbendaharaan adalah melaksanakan koordinasi, pembinaan, penyuluhan bimbingan teknis, monitoring dan evaluasi, penyusunan laporan, verifikasi dan pertanggungjawaban di bidang perbendaharaan.

Sementara itu, ia melanjutkan, KPPN mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pebendaharaan dan bendahara umum negara. Dalam melaksanakan tugas yang berat tersebut tentunya diperlukan sinergi dari semua jajaran. Sebagai instansi vertikal di daerah kita berfungsi sebagai tulang punggung keberhasilan tugas pokok dan fungsi Ditjen Perbendaharaan.

“Mari kita bahu membahu untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan” ujarnya.

Rakorda kali ini juga mengusung materi Penilaian Kinerja yang belakangan ini menjadi trending topic dengan aplikasi e-Performance-nya. Sebagai narasumber, Kasubag Evaluasi Hasil Pemeriksaan dan Kinerja Bagian OTL, Jordan, yang menjelaskan mengenai e-Performance, diawali dari pemahaman mengenai IKU sampai dengan pemanfaatan aplikasi e-Performance tersebut pada masa depan . Pencerahan dari narasumber dapat menjawab pertanyaan dan menghilangkan kebingungan para peserta tentang pemanfaatan e-Performance.

Hawa dingin Dataran Tinggi Dieng ternyata tak mengurangi semangat peserta Rakorda untuk mengikuti seluruh rangkaian acara sampai selesai mengingat begitu padatnya agenda yang harus dilakukan oleh komisi-komisi yang berupaya menyelesaikan materi berkaitan dengan tupoksi dan persiapan menghadapi akhir tahun anggaran. Pada rakorda kali ini, Kepala Kanwil juga memberikan materi Coaching Clinic kepada seluruh peserta. Beliau menjelaskan bagaimana mengembangkan karakter untuk menjadi seorang leader yang andal dan prinsip-prinsip coaching. Coaching sangat diperlukan pada saat harus meningkatkan kinerja organisasi yang turun atau naik turun. Bahwa sukses seorang coach lebih banyak ditentukan oleh ketrampilan mendengarnya daripada ketrampilan berbicaranya sehingga mampu menjaga performa kinerja terbaik anak buah.

Pemberian penghargaan bagi KPPN yang berprestasi memberi warna lain pada Rakorda kali ini. Terdapat 4 kategori penilaian dalam pemberian penghargaan yaitu kualitas LKPP, LKKL, dan KPPN yang secara keseluruhan berkinerja baik. Pada kesempatan kali ini KPPN Kudus yang mendapat predikat sebagai KPPN yang berkinerja terbaik.

Oleh: Kontributor Tim Reportase Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jateng

Berita Nusantara Lainnya

Semarak Hari Keuangan Dari Timur Borneo
Konsep “Ala kadarnya” Satbrimob Polda Sulsel, kunci meraih prestasi.
Rapat Koordinasi Gubernur dan Kanwil DJPBN Prov. Bangka Belitung
Benah-benah KPPN Wates dalam implementasi ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu
Apapun Permasalahannya, solusinya adalah infrastruktur
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia
FECHAR