Direktorat Jenderal Perbendaharaan | Departemen Keuangan
Rubrik : Nusantara
Mau Maju Bersama KPPN Mamuju
Publikasi: Rabu, 6 Juli 2011

Liputan Sosialisasi Perdirjen 65/PB/2010 tentang Penyusunan Laporan Keuangan Kementrian Lembaga dan Aplikasi AFS di KPPN Mamuju
Mamuju, perbendaharaan.go.id – KPPN Mamuju menggelar Sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 65/PB/2010 tentang Penyusunan Laporan Keuangan Kementrian Lembaga dan Aplikasi Forecasting Satker 2011, kamis (30/6), di Hotel Srikandi, Mamuju. Kegiatan tersebut dilangsungkan guna meningkatkan prosentasi realisasi APBN dan memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada stakeholder.

Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh satuan kerja dalam wilayah pembayaran KPPN Mamuju. Dalam sambutannya, Kepala KPPN Mamuju, Yoise Tandapai,SE,MM. mengucapkan terima kasih kepada seluruh satuan kerja karena berkat kerjasamanya KPPN Mamuju pada bulan Oktober 2011 akan menjadi KPPN Percontohan bersama dengan 4 KPPN lainya. Beliau juga mendorong satker agar meningkatkan presentasi realisasi pencairan dana yang sampai semester I ini belum mencapai 50 %. Berkaitan dengan realisasi anggaran, KPPN Mamuju mengedarkan kuisioner Penyerapan Anggaran Triwulan II kepada seluruh peserta. Kuisioner ini akan menjadi dasar bagi KPPN Mamuju untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh satker sekaligus untuk mengetahui hambatan satker dalam pencairan dana.

Menyinggung tentang pelayanan KPPN Mamuju, Kepala Kantor juga menginformasikan bahwa KPPN Mamuju akan memberikan reward kepada satuan kerja yang menduduki 5 besar terbaik dengan kriteria yang telah ditetapkan dengan memberikan pelayanan prioritas, bebas dari antrian, cepat, dan tepat dalam mengurus segala administrasi keuangan satuan kerja. Dengan slogan “Mau Maju bersama KPPN Mamuju” Kepala KPPN membuka dengan resmi sosialisasi Perdirjen 65/PB/2010 dan Aplikasi AFS 2011.

Sosialisasi ini dimoderatori oleh Sugeng Prastowo,SE . Sebagai Narasumber adalah Yogi Bekti Swasana ,SH.MH untuk materi Perdirjend 65/PB/2010 sedangkan untuk Aplikasi Forecasting Satker dipercayakan kepada Haerul Anam dan Sapto Dwi Nurdianto,SE. Dalam pemaparannya, narasumber selain memberikan informasi  cara penyusunan Laporan Keuangan dan cara pembuatan Rencana Kas yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, juga tidak henti-hentinya memberikan motivasi kepada peserta agar selalu tanggap terhadap segala perubahan yang saat ini sedang berlangsung di tubuh Direktorat Jenderal Perbendaharaan khususnya ikut mensukseskan program SPAN.

Selama mengikuti acara ini satuan kerja sangat antusias terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Salah satu pertanyaan yang  mendapat sambutan meriah adalah berkaitan dengan pencairan gaji 13 yang memang menjadi informasi yang sangat ditunggu oleh sebagian peserta. Hal lain yang cukup banyak mendapat perhatian adalah penyusunan AFS 2011, sebagai aplikasi yang relatif baru, narasumber dapat dengan baik memberikan informasi dan cara penyusunan AFS yang tepat dan benar.

Acara ini ditutup tepat pukul 16.00 WITA oleh Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Sugeng Prastowo,SE. Sebelum mengakhiri acara, Kepala Seksi Verifikasi mengingatkan seluruh peserta untuk segera menyusun Laporan Keuangan Semester I .

Oleh: Yogi Bekti Swasana - Kontributor KPPN Mamuju

Direktorat Jenderal Perbendaharaan : http://www.perbendaharaan.go.id/new
Versi Online : http://www.perbendaharaan.go.id/new/?pilih=lihat&id=2654