Direktorat Jenderal Perbendaharaan | Departemen Keuangan
Rubrik : Berita Terkini
Semarak Internalisasi Nilai-nilai Kemenkeu
Publikasi: Senin, 3 Oktober 2011

Liputan Internalisasi Nilai-nilai Kementerian Keuangan
Jakarta, perbendaharaan.go.id - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo memimpin langsung kegiatan internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Sabtu (01/10) di Aula Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta. Acara yang dimulai dengan senam bersama ini diikuti oleh jajaran pejabat dan para pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan, termasuk jajaran Ditjen Perbendaharaan.

Menkeu menyampaikan bahwa nilai-nilai Kemenkeu yang baru ini merupakan peleburan dari nilai-nilai yang sebelumnya telah diterapkan pada masing-masing unit eselon I di lingkungan Kemenkeu. Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Perbendaharaan Agus Suprijanto secara simbolis menyerahkan nilai-nilai Ditjen Perbendaharaan, yaitu; profesional, pelayanan prima, inovatif, disiplin, dan akuntabel, kepada Menteri Keuangan untuk dilebur menjadi nilai-nilai Kemenkeu yang baru.

“Kami segenap jajaran Direktorat Jenderal perbendaharaan, dari Sabang sampai Merauke, secara ikhlas untuk meleburkan nilai-nilai Ditjen Perbendaharaan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Dengan mkomitmen yang kuat, kami berikrar untuk mendukung, mengawal, dan menjalankan nilai-nilai Kementerian Keuangan,” ujar Dirjen Perbendaharaan dihadapan Menteri Keuangan.

Komitmen untuk menerapkan nilai-nilai baru disepakati pada 27 Juli 2011, di mana 74 jajaran pimpinan di lingkungan Kemenkeu bersama-sama merumuskan nilai-nilai budaya Kemenkeu. Dari hasil diskusi dan pembahasan, disepakati nilai- nilai budaya Kemenkeu yang baru yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan.

Menurut Menkeu, sebagai agen perubahan, setiap pegawai di lingkungan Kemenkeu harus berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai utama Kemenkeu. Hal tersebut penting untuk mewujudkan Kementerian Keuangan sebagai kementerian yang dapat dipercaya, akuntabel dan terbaik di kawasan regional. "Terlebih, saat ini kita dihadapkan pada perubahan-perubahan, baik dari internal maupun eksternal yang menuntut adanya perbaikan-perbaikan dari seluruh jajaran Kemenkeu," ujar Menkeu.

Menkeu juga berpesan kepada seluruh jajaran Kemenkeu untuk  menjaga integritas, membangun profesionalisme, melakukan sinergi, dan memberikan pelayanan yang memuaskanstakeholders, dengan semangat kesempurnaan. "Layanan yang diberikan juga harus cepat, akurat, aman dan transparan, dan betul-betul datang dari hati," pungkasnya.

Dalam hal pelayanan, Menteri Keuangan dan jajaran Pejabat Eselon I memberikan teladannya pada hari itu dengan melayani jajaran pegawai Kemenkeu yang hadir untuk sarapan. Menteri Keuangan tampak piawai menyajikan hidangan soto bagi para pegawai yang telah antri sebelumnya. Sedangkan Dirjen Perbendaharaan menyajikan hidangan nasi uduk kepada sekitar seratus orang pegawai. Selain antri untuk mendapat hidangan langsung dari para pejabat Kemenkeu, momen ini berusaha diabadikan oleh para pegawai yang hadir dengan berbagai kamera.
KEMENTERIAN KEUANGANKEMENTERIAN KEUANGAN
KEMENTERIAN KEUANGANKEMENTERIAN KEUANGAN


Oleh: Tonny, Novri, dan Tino – Media Center Ditjen Perbendaharaan

Direktorat Jenderal Perbendaharaan : http://www.perbendaharaan.go.id/new
Versi Online : http://www.perbendaharaan.go.id/new/?pilih=lihat&id=2705