Direktorat Jenderal Perbendaharaan | Departemen Keuangan
Rubrik : Nusantara
Jatah Anggaran Provinsi Kalimantan Timur Terus Naik Signifikan
Publikasi: Rabu, 26 Desember 2012

Penyerahan DIPA Provinsi Kalimantan Timur Tahun Anggaran 2013
Samarinda, perbendaharaan.go.id –
”Kawal agar pelaksanaan kegiatan dimulai sejak awal tahun anggaran.” Itulah pesan Presiden RI yang disampaikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, Awang Farouk Ishaq, kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se Provinsi Kalimantan Timur. Pidato yang disampaikan Gubernur tersebut, sekaligus menjadi pesan dalam acara Penyerahan DIPA APBN Tahun Anggaran 2013. Acara yang dihelat dalam nuansa santai dan akrab tersebut, berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini tentu sesuai dengan nama tempat acara yakni aula Lamin Etam yang berarti Rumah Kita. Dengan penuh senyum, Gubernur Awang Farouk nampak menyalami beberapa orang yang dilaluinya sesaat sebelum acara dimulai.


Sebelumnya, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Timur, Haryana, memaparkan total Pagu DIPA TA 2013 yang diberikan Provinsi Kalimantan Timur sebesar Rp10,4 Triliun dari total pagu nasional sebesar Rp1.683 triliun. Jika dibandingkan, maka sejak tahun 2010 total anggaran yang di alokasikan untuk Provinsi Kalimantan Timur terus naik secara signifikan. Jika pada tahun 2010 total pagu hanya Rp5,1 Triliun, kemudian naik 43,69% pada tahun 2011 dengan total pagu senilai Rp7,46 Triliun, dan di tahun 2012 naik kembali sebesar 19,75 %, terakhir naik 16,98% di tahun ini.


Menyikapi hal tersebut, maka Haryana menghimbau kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan unit vertikal pemerintah pusat, untuk serius menyusun dan melaksanakan rencana penarikan dana (disbursement plan) dan perencanaan pengadaan (procurement plan). Sehingga, penumpukan pencairan anggaran di akhir tahun yang selalu terulang, tidak terjadi lagi. Karena, jelas beliau, pola penyerapan anggaran tersebut kurang baik dari sisi perencanaan dan manajemen kas. 




Sebagai informasi, total anggaran yang diterima oleh Provinsi Kalimantan Timur terbagi dalam 631 DIPA yang terdistribusi ke seluruh Kabupaten/Kota dan unit vertikal dengan rincian sebagai berikut :

Selain itu, Pemerintah Pusat juga mengalokasikan anggaran Transfer Daerah sebesar Rp4.96 Triliun untuk Provinsi dan Rp21,03 Triliun untuk Kabupaten/Kota. Dengan total seluruh alokasi yang mencapai Rp36,46 Triliun, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Timur memaparkan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan internal Kementerian Keuangan, khususnya Ditjen Perbendaharaan, dalam rangka mendorong percepatan penyerapan anggaran. Adapun langkah-langkah tersebut diantaranya berupa peningkatan kapasitas pengelola keuangan satker dengan cara mengintensifkan pembinaan dan bimbingan teknis pengelolaan anggaran terhadap satker.

Selanjutnya, upaya lain yang akan dilakukan adalah penyempurnaan regulasi bidang perbendaharaan dengan memberikan kewenangan lebih besar kepada satker untuk mengelola anggarannya sendiri. Selain penyempurnaan regulasi pengadaan barang dan jasa, saat ini sedang dipersiapkan penyusunan Peraturan Menteri Keuangan tentang tata cara revisi anggaran tahun 2013 yang memberi kewenangan lebih besar kepada Kuasa Pengguna Anggaran dan Pengguna Anggaran dalam menyelesaikan revisi anggaran.
Langkah terakhir adalah peningkatan peran aparat pengawas internal Kementerian Negara/Lembaga. Pemberian kewenangan yang lebih besar kepada satker, harus juga diimbangi dengan peningkatan peran aparat pengawas internal. Hal ini dilakukan agar peluang penyalahgunaan anggaran dapat ditutup se maksimal mungkin.

Dalam acara serah terima DIPA tersebut, beberapa satker memperoleh penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Timur yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur. Adapun urutan tiga satker terbaik yang diberi penghargaan karena dinilai memiliki kedisiplinan dalam menerapkan rencana penarikan dana TA 2012 yakni Pengadilan Agama Samarinda, Dinas Pertanian,Kehutanan dan Perkebunan Kota Samarinda, dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan untuk satker yang masuk kategori Pengelola Sistem Akuntansi Keuangan Tingkat UAPPA-W terbaik TA 2012 adalah Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Timur, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Timur, dan Balai Pemantapan kawasan Hutan Wilayah IV Samarinda.

Prosesi serah terima DIPA yang diselenggarakan pada tanggal 17 Desember 2012 ini, menjadi agenda pertama dari rangkaian Rapat Kerja Gubernur bersama seluruh SKPD Provinsi Kalimantan Timur dengan agenda Evaluasi Tahun Ke-4 RPJMD Kalimantan Timur. Masuknya agenda serah terima DIPA TA 2013 dalam Rapat Kerja Gubernur, menjadi salah satu indikator telah terbangunnya sinergi antara Pemerintah Daerah Kalimantan Timur dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Timur. Diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama, serah terima DIPA TA 2013 sukses terselenggara. Dengan kesungguhan seluruh satker dalam mengoptimalkan alokasi anggaran yang telah diberikan, seluruh program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya diharapkan dapat tercapai dengan baik.

Oleh : Panitia Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2013
Editor : Bambang Kismanto – Media Center Perbendaharaan


 

Direktorat Jenderal Perbendaharaan : http://www.perbendaharaan.go.id/new
Versi Online : http://www.perbendaharaan.go.id/new/?pilih=lihat&id=3072