Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Jumlah Pengunjung :
18,788,909
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Rapimnas Ditjen Perbendaharaan 2011: Konsolidasi Akhir Tahun Anggaran
Selasa, 8 Nopember 2011 | Oleh: redaksi () | 3489 x dibaca

Liputan Rapimnas Ditjen Perbendaharaan 2011
Yogyakarta, perbendaharaan.go.id -
Gelaran Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang kedua di tahun 2011 telah berlangsung sejak tanggal 3 s.d 6 November 2011, di Yogyakarta. Rapimnas kali ini memiliki karakterisktik khusus, mengingat akan segera berakhirnya Tahun Anggaran (TA) 2011. Oleh karenaitu diperlukan konsolidasi dan kesepahaman bagi seluruh jajaran pimpinan Ditjen Perbendaharaan dalam rangka menyiapkan dan merumuskan langkah-langkah stratejik untuk menghadapi akhir TA 2011 dan menyongosng TA 2012.

Rapimnas tersebut diwarnai dengan hadirnya wajah-wajah baru dalam jajaran pimpinan Ditjen Perbendaharaan. Dalam arahannya, Dirjen Perbendaharaan Agus Suprijanto menyinggung mutasi di lingkup Ditjen Perbendaharaan. Agus menjelaskan bahwa seiring dengan perkembangan organisasi, jabatan tidak semata-mata berdasarkan pada sisi senioritas. Mutasi dilakukan lebih pada kebutuhan organisasi saat ini dan proyeksi tuntutan organisasi di masa depan. Oleh karena itu, setiap pejabat harus memenuhi kriteria kompetensi, baik soft competency maupun hard competency.

YOGJAKARTAMenyinggung soal penyerapan anggaran, total penyerapan anggaran DIPA Kementerian dan Lembaga (K/L), hingga 28 Oktober 2011 adalah 55,97%. Terkait kinerja belanja ini, Agus meminta jajaranya melakukan langkah-langkah stratejik. Langkah itu diantaranya mendorong K/L untuk patuh pada rencana penarikan dana; mengantisipasi penumpukan pencairan SPM, baik langkah-langkah yang bersifat regulasi, manual work, maupun electronic based system; mempertahankan kualitas layanan namun tetap mengutamakan sikap prudent.

Agus melanjutkan, bahwa Undang-Undang APBN Tahun 2012 telah ditetapkan. Mengingat kondisi perekonomian global yang masih berada dalam ketidakpastian, APBN 2012 dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengawal tercapainya pertumbuhan ekonomi yang positif. Angka pertumbuhyan diproyeksikan masih di atas 5%, serta dapat menjamin terjaganya stabilitas domestik.

YOGJAKARTASebagai tindaklanjut atas penetapan UU APBN 2012, proses berikutnya  Ditjen Perbendaharaan mempersiapkan langkah-langkah pengesahan DIPA 2012. Proses pengesahan DIPA 2012 yang ditargetkan untuk diselesaikan sebelum berakhirnya TA 2011, ditindaklanjuti dengan strategi percepatan untuk menjamin anggaran 2012 segera dilaksanakan.

Pada hari kedua, 303 peserta Rapimnas mendapat internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan.  Secara simbolis para peserta Rapimnas meleburkan nilai-nilai Ditjen Perbendaharaan yang lama dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan yang baru. Seluruh peserta berkomitmen untuk mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam lingkungan kerja. Penandatangan deklarasi menjadi puncak acara internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Sementara itu, pada malam harinya, dilangsungkan  Gelar Seni dan Apresiasi. Unit instansi vertical Ditjen Perbendaharaan yang berprestasi mendapat penghargaan Dirjen Perbendaharaan. Penghargaan diberikan berdasarkan kategori sebagai berikut:


Penghargaan kepada KPPN terbaik kategori Penilaian Kinerja Pelayanan Publik di lingkungan Ditjen Perbendaharaan tahun 2011:
1. KPPN Semarang II
2. KPPN Denpasar
3. KPPN Purwakarta
4. KPPN Pontianak
5. KPPN Pacitan


Penghargaan kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan terbaik kategori Penilaian LKPP tingkat Kuasa Bendahara Umum Negara (Kuasa BUN) tahun 2010:
1. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. DI. Yogyakarta
2. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sumut
3. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulsel
4. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jateng
5. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Maluku Utara


Penghargaan kepada KPPN Terbaik Penilaian LKPP tingkat Bendahara Umum Negara (Kuasa BUN) tahun 2010:
1. KPPN Ternate
2. KPPN Yogyakarta
3. KPPN Purwakarta
4. KPPN Pontianak
5. KPPN Sorong


Penghargaan kepada Kanwil Terbaik kategori Penyusunan Hasil Pembinaan terhadap KPPN-KPPN yang berada di Wilayah Pembinaan Semester I tahun 2011:
1. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Aceh
2. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalteng
3. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jabar
4. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jateng
5. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Maluku


Oleh: Tonny, Novri, Tino, Firman dan Sugeng – Media Center Ditjen Perbendaharaan


YOGJAKARTAYOGJAKARTA YOGJAKARTAYOGJAKARTA
YOGJAKARTAYOGJAKARTA
YOGJAKARTAYOGJAKARTA
YOGJAKARTAYOGJAKARTA
YOGJAKARTAYOGJAKARTAYOGJAKARTAYOGJAKARTA

Berita Berita Terkini Lainnya

Dirjen Perbendaharaan: “Jadilah Insan Perbendaharaan yang Mempunyai Nilai”
Kanwil DJPBN Prov. Maluku Termotivasi Melaksanakan Kinerja Optimal
Berkerjasama dengan BI, Kanwil DJPBN Prov. Sulsel menghimpun informasi strategis
Kinerja Ditjen Perbendaharaan menjadi Contoh dan Acuan Pemerintah Daerah Sulawesi Barat
Soft Launching KPPN Khusus Penerimaan

Komentar Pengunjung

Meria dalam kebersamaan
2011-11-28 14:22:46, - oleh : Pegawai KPPN Sorong
wah, meriah banget tu....dan lagi mencerminkan kebersamaan yang penuh sukacita semoga jangan hanya didalam gambar pak.... kalau bisa seluruh KPPN yang ada didaerah juga bisa seperti itu Pak...supaya reformasihnya jangan tersendat-sendat !


Perhatian
2011-11-28 05:00:30, - oleh : Apolos Tuther
dari gambar tampak, asri dan kompak kalau boleh jangan hanya dalam gambar pak ....kami didaerah juga butuh perhatian ......karna kami sudah kerja SOP Prima...tapi .......?????


Dengarlah nyanyian alam
2011-11-11 15:11:06, - oleh : Rai S. Kupang
Aku kelihatan hijau dan Nampak asri
Semoga hati para pemimpin DJPB dalam sketsa menjadi pupuk yang menghijaukan taman hati bawahan di lingkungannya. Proficiat DJPB menyongsong SPAN nan SAKTI.


Pemimpin Sejati
2011-11-10 06:46:42, - oleh : Stacato
Pemimpin sejati memang harusnya melayani, bukan dilayani,..
semoga tidak hanya simbol belaka seperti yang ada di foto, mari kita lihat bersama...


jangan hanya pesta
2011-11-09 19:37:40, - oleh : pegawai kppn
Dari foto2nya Koq seperti pesta pora seh? Lbh baik dana besar utk para pemimpin berpesta tersebut utk memberi honor bagi pegawai kppn dlm menghadapi akhir tahun anggaran ini. Kami sebentar lg akan lembur sampai malam pak, apa langkah kongkrit utk memberi perhatian kepada kami?????


1 | 2 | Next »
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia
FECHAR