Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Jumlah Pengunjung :
18,802,956
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB: Tantangan Kedepan Sudah Menghadang
Senin, 2 April 2012 | Oleh: redaksi () | 1275 x dibaca

Liputan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Akuntansi dan Pelaporan Keuangan - Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Mataram, perbendaharaan.go.id - “Tantangan ke depan juga sudah menghadang dan tentu akan lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya”, demikian  ditegaskan Alfiah, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB pada sambutan pembukaan acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Akuntansi dan Pelaporan Keuangan serta pemberian piagam penghargaan kepada sepuluh Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) dengan penilaian Laporan Keuangan terbaik, Kamis (15/3) di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Alfiah dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi berupa piagam penghargaan khususnya kepada sepuluh Kuasa Pengguna Anggaran sebagai Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah yang telah secara konsisten mendukung para jajarannya untuk melaksanakan rekonsiliasi tepat waktu pada setiap Triwulan, serta menyampaikan Laporan Keuangan pada semester I dan semester II secara lengkap sesuai dengan ketentuan. Berdasarkan hasil penilaian Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB, Peringkat I sampai dengan X berturut-turut adalah Badan Pusat Statistik Provinsi NTB, Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan NTB, LPMP NTB, Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTB, Kanwil Ditjen Pajak Nusa Tenggara, Polda NTB, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTB, Pengadilan Tinggi Mataram, Badan Ketahanan Pangan Provinsi NTB, dan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I Prov. NTB. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh UAPPA-W untuk terus memperbaiki kualitas Laporan Keuangannya. 

Sebagaimana pernyataan Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan, Susanto, tujuan dari  Sosialisasi dan Bimbingan Teknis adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan seluruh peserta (operator SAI) sebagai tambahan bekal dalam pelaksanaan tugas akuntansi dan pelaporan keuangan serta membangun komunikasi yang konstruktif dan efektif antara seluruh UAPPA-W dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB sehingga permasalahan yang di hadapi dapat dikomunikasikan untuk pemecahannya.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan selama satu hari ini diikuti oleh 110 orang peserta  yang merupakan operator/petugas Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dari UAPPA-W Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB. Sebagai narasumber dalam acara ini, Jan Pahlevie Firdaus yang membawakan materi tentang Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 65/PB/2010 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga, Mauritz CRM yang membawakan materi tentang Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 80/PB/2011 tentang Penambahan dan Perubahan Akun Pendapatan, Belanja dan Transfer pada Bagan Akun Standar (BAS), dan Tri Sujatmiko yang membawakan materi Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Akuntansi Keuangan Tahun 2012.  Setelah pemaparan materi dari para narasumber, peserta cukup antusias untuk bertanya sehingga waktu yang disediakan selama kurang lebih 40 menit tidak tercukupi. Menyikapi hal ini, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB juga menyampaikan bahwa Kanwil Ditjen Perbendaharaan maupun KPPN selalu siap untuk melayani dan memberikan pendampingan untuk semua Satker dan UAPPA-W yang berkonsultasi secara langsung di Front Office maupun melalui sarana telephone dan email.  

Sosialisasi dan Bimtek juga diisi dengan pelaksanaan Post Test untuk mengetahui efektifitas pemahaman peserta atas Materi yang telah diberikan selama sosialisasi. Berdasarkan hasil pemeriksaan jawaban peserta atas post test tersebut, diperoleh nilai rata-rata tingkat pemahaman peserta adalah sebesar 82,19%.


 


Kontributor Kanwil DJPBN Provinsi NTB – Mauritz CRM dan Margo Utomo

Berita Nusantara Lainnya

Sosilisasi dan Pembentukan Forum Komunikasi BLU/ BLUD Se-Sumatera Utara
Komitmen Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah: “ 2015…….. GO AKRUAL…….GO WTP…..”
“Training 50 SKPD Kabupaten Bangka tentang Transaksi Akuntansi Akrual sesuai dengan Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung”
Gubernur Provinsi Bengkulu Apresiasi Pelayanan Ditjen Perbendaharaan
Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel Jalin Komunikasi dengan Pemda Setempat Melalui Forum Bersama Pengelola Keuangan
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia
FECHAR