Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Jumlah Pengunjung :
18,624,816
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


RAKOR KANWIL DITJEN PBN PROVINSI BANTEN UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN YANG SEMPURNA
Selasa, 7 Agustus 2012 | Oleh: redaksi () | 1013 x dibaca

Liputan Rapat Koordinasi Tahun 2012 Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten
Serang-Banten, perbendaharaan.go.id -
Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten menyelenggarakan Rapat Koordinasi Semester I tingkat Kanwil, pada tanggal 12 s.d 13 Juli 2012, di
selama 2 hari tanggal 12 hingga 13 Juli 2012 Hotel Ratu Bidakara Serang. Dengan mengangkat Tema “MEWUJUDKAN KESEMPURNAAN PELAYANAN MELALUI PENYERAPAN ANGGARAN YANG OPTIMAL DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN YANG BERKUALITAS“, rakor ini diikuti oleh seluruh pejabat Kanwil beserta para Kepala KPPN dan Kepala Seksi Veridikasi dan Akuntansi KPPN lingkup Provinsi Banten.

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten, Hari Utama. Pada kesempatan tersebut ia mengingatkan kepada peserta Rakor bahwa sebagai salah satu ujung tombak pelayanan di daerah, Kanwil beserta KPPN dituntut untuk bekerja lebih keras, responsif dan saling menjalin koordinasi yang baik dalam rangka pelaksanaan tugas, Hari juga mengingatkan bahwa di waktu mendatang permasalahan yang akan dihadapi akan semakin kompleks, yaitu dengan adanya perubahan dan penetapan 134 KPPN menjadi KPPN percontohan pada bulan Oktober 2012, termasuk diantaranya KPPN Tangerang dan KPPN Rangkasbitung, roll out SPAN, serta dilaksanakannya reorganisasi berupa penyerahan sebagian tugas dari kantor pusat ke daerah. Selain itu, menurutnya penyerapan anggaran serta laporan keuangan yang merupakan IKU Kemenkeu diharapkan dapat semakin optimal dan berkualitas.

Selanjutnya, Hari Utama juga berpesan bahwa pelaksanaan Rakor disamping sebagai sarana memperkuat jalinan koordinasi, diharapkan dapat menghasilkan solusi alternatif terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi melalui sumbangan pemikiran dari segenap peserta sehingga tugas pelayanan semakin sempurna.

Pelaksanaan rakor dibagi dalam 3 sesi, yaitu penyampaian materi oleh para Kepala Bidang dan Kepala Bagian di Kanwil, dilanjutkan dengan pemaparan profile, prospek serta permasalahan KPPN oleh masing-masing Kepala KPPN, dan di akhiri dengan sesi pembahasan masalah.

Masalah Retur SP2D dan solusi penyelesaiannya menjadi fokus perhatian peserta rakor karena berdampak pada rendahnya penyerapan anggaran. Demikian pula masalah konsistensi pelaksanaan rekonsiliasi baik internal maupun dengan stakeholder menjadi salah satu kunci berkualitasnya penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Pusat ( LKPP ) pada akhir tahun. Reorganisasi di lingkup Ditjen Perbendaharaan juga menjadi isu hangat yang disampaikan Kepala Bidang PA, Ana Sariasih. Masalah Gratifikasi terus diingatkan kepada segenap pegawai melalui pemaparan Kepala Bagian Umum Abubakar A.B., demikian juga Kepala Bidang Aklap, Juli Kestijanti dan Kepala Bidang PP, Tedjo Prakosa, secara bergantian memberikan penekanan khususnya terhadap penyelesaian LKPP , rekonsiliasi serta pembinaan KPPN. Solusi alternatif yang disumbangkan para peserta menjadi jawaban yang tepat dalam rangka meningkatkan pelayanan yang sempurna yang menjadi dambaan stakeholder dan pada akhirnya berdampak pada optimalnya penyerapan serta berkualitasnya Laporan Keuangan.

Rakor ditutup secara resmi oleh Kepala kantor Wilayah dengan menghasilkan beberapa kesepakatan untuk lebih meningkatkan pelayanan, koordinasi serta solusi terhadap permasalahan yang ada.

Oleh: Budiarto Widodo - Kontributor Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Banten

Berita Nusantara Lainnya

Optimalisasi Pengelolaan Keuangan BLU/BLUD Sumatera
Asistensi Pembentukan RSUD Liun Kendage Tahuna menjadi BLUD
Satker Berkinerja Terbaik Triwulan II Mendapatkan Kartu Prioritas Bebas Antrian Di KPPN Makassar II
“Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 Di Bumi Gurindam 12”
KPPN Medan I Siaga Satu “Mengawal Piloting SPAN”
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia
FECHAR