Jumlah Pengunjung :
17,056,339
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


KPPN Cilacap Adakan Sosialisasi Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012
Kamis, 27 Desember 2012 | Oleh: redaksi (Media Center Ditjen Perbendaharaan) | 588 x dibaca

Liputan Sosialisasi Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012 di KPPN Cilacap
Cilacap, perbendaharaan.go.id. -
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap pada tanggal 26 dan 27 November 2012 lalu mengadakan Sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan No.PER-37/PB/2012 Tanggal 12 November 2012 Tentang Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012. Acara sosialisasi tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari dengan peserta yang berbeda.

Pada hari pertama, Sosialisasi diadakan di Ruang Aula KPPN Cilacap, dengan mengundang para Pimpinan Bank/Pos Persepsi beserta pejabat/petugas yang menangani penerimaan negara pada sembilan Bank/Pos Persepsi mitra kerja KPPN Cilacap. Bertindak sebagai narasumber pertama adalah Kepala KPPN Cilacap, menyampaikan materi tentang Current Issue terkait Penyaluran Dana APBN melalui Bank Umum pada Implementasi SPAN Tahun 2013, dan Penerapan Modul Penerimaan Negara – Generasi Kedua (MPN-G2). Sedangkan narasumber kedua adalah Kepala Seksi Bank/Giro Pos F.X.Susetya Yudianta menyampaikan materi tentang Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012 terkait Penerimaan Negara, dan Pelaksanaan Treasury Single Account (TSA). Acara sosialisasi yang dimoderatori oleh Roil, SE berlangsung cukup interaktif karena hampir semua peserta mengajukan pertanyaan dan saran-saran yang bersifat konstruktif, terlebih pada kesempatan tersebut juga didiskusikan tentang penutupan rekening penampungan/rekening antara yang masih digunakan dalam rangka pelaksanaan penerimaan negara pada Bank/Pos Persepsi mitra kerja KPPN Cilacap.

Pada hari kedua, Selasa tanggal 27 November 2012 acara sosialisasi diadakan di Gedung Griya Patra Bluemoon (milik Pertamina) Cilacap, dengan mengundang para Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) dan Bendahara Pengeluaran pada 65 Satker di Wilayah Pembayaran KPPN Cilacap. Acara sosialisasi dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan sambutan pembukaan oleh Kepala KPPN Cilacap, Burhani AS.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Cilacap menjelaskan bahwa Perdirjen Perbendaharaan No.PER-37/PB/2012 tentang Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012 merupakan peraturan pelaksanaan dari Peraturan Menteri Keuangan No.169/PMK.05/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran. Pada akhir sambutannya Kepala KPPN Cilacap mengharapkan melalui sosialisasi ini selain untuk menyamakan persepsi dan kesatuan langkah menjelang akhir tahun anggaran, juga diharapkan akan tercipta sinergi yang semakin meningkat antara KPPN Cilacap dengan Satker yang dilayani, sehingga KPPN Cilacap dapat memberikan pelayanan yang optimal menuju pada kesempurnaan.

Pada kesempatan itu Kepala KPPN Cilacap memberikan apresiasi dan penghargaan dengan menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga Satker dengan penyerapan anggaran belanja barang dan belanja modal tertinggi sampai dengan tanggal 23 November 2012. Sebagai tertinggi pertama dengan prosentase penyerapan anggaran sebesar 95,57 % diberikan kepada Satker Lapas Pasir Putih Nusa Kambangan, tertinggi kedua dengan prosentase sebesar 94,12 % diberikan kepada MIN Pekuncen, dan tertinggi ketiga dengan prosentase sebesar 93,75 % diberikan kepada Satker Lapas Batu Nusa Kambangan.

“Diharapkan pemberian penghargaan ini akan memacu satker lainnya untuk memaksimalkan penyerapan anggarannya sebelum batas akhir pengajuan SPM ke KPPN Cilacap” jelas Burhani AS dihadapan sekitar 120 peserta yang hadir.

Selanjutnya pemaparan materi pertama disampaikan oleh Kepala KPPN Cilacap menyampaikan materi tentang Pokok-Pokok APBN 2013, Kebijakan dan Proses Bisnis Pengesahan DIPA Tahun Anggaran 2013, dan materi tentang Petunjuk Teknis Pengalihan Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai Anggota Polri/PNS Polri dari KPPN kepada Satker di Lingkungan Polri, sesuai dengan Perdirjen Perbendaharaan No.PER-38/PB/2012 tanggal 12 November 2012.

Ditempat yang sama Narasumber kedua, Kepala Seksi Pencairan Dana Bambang Kusumantoro S. menyampaikan materi tentang Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012 terkait dengan Pelaksanaan Belanja Negara, sedangkan narasumber ketiga Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi (Suparmaji) menyampaikan materi tentang Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012 terkait dengan Akuntansi dan Pelaporan, serta Kewajiban Penyampaian Laporan Keuangan Semesteran dan Tahunan bagi setiap UAKPA.

Oleh: Ali Rosidin dan Y.Purwanto - Kontributor KPPN Cilacap

Berita Nusantara Lainnya

Penandatanganan Kesepakatan, Sebagai Upaya Perbaikan Penyerapan Anggaran di Wilayah D.I. Yogyakarta
Seminar Mini: “Spending Review” (Bringing Campus Life to Office)
Pengalihan Pengelolaan Belanja Pegawai POLRI di Bumi Sriwijaya
Kesuksesan Pembangunan di daerah butuh dukungan Pemerintah Pusat
Kontrak Kinerja Penyerapan Anggaran Tahun 2014
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia