Jumlah Pengunjung :
17,124,196
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Membangun Sinergi di Pulau Yamdena, KPPN Saumlaki Gelar Sosialisasi
Kamis, 9 Mei 2013 | Oleh: redaksi (Media Center Ditjen Perbendaharaan) | 753 x dibaca

Liputan Sosialisasi PMK-190/PMK.05/2012, PMK-32/PMK.02/2013, PER-12/PB/2013, dan PER-55/PB/2012 KPPN Saumlaki
Pulau Yamdena/Saumlaki, perbendaharaan.go.id –
KPPN Saumlaki menyelenggarakan Sosialisasi PMK-190/PMK.05/2012 (Review), PMK-32/PMK.02/2013 jo. PER-12/PB/2013, dan PER-55/PB/2012 pada tanggal 18-19 April 2013, di Gedung Balai Pembinaan Umat (BPU) Saumlaki. KPPN Saumlaki menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi serta membangun sinergi di antara Pejabat Perbendaharaan Negara guna mewujudkan kelancaran pelaksanaan pembayaran/pencairan dana APBN.

Peserta Sosialisasi adalah Pejabat Perbendaharaan Negara yang mengelola dana APBN TA. 2013 yaitu KPA/PPK/PPSPM/Bendahara Pengeluaran/Staf Operator RKA-K/L/SAI-SIMAK BMN di pulau Yamdena, dalam wilayah pembayaran KPPN Saumlaki yang mencakup dua kabupaten, yaitu Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Acara Sosialisasi diawali dengan sambutan Kepala KPPN Saumlaki, Yohanis Mendila. Dalam sambutannya, Yohanis Mendila menyampaikan beberapa hal penting, antara lain bahwa dengan diterbitkannya PMK-190/PMK.05/2012 maka pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab para Pejabat Perbendaharaan Negara sudah menjadi sangat jelas. Terlebih lagi, saat ini lampiran SPM yang diajukan Satker ke KPPN juga menjadi lebih sederhana. Dengan kondisi tersebut, maka untuk kelancaran dan percepatan pelaksanaan pencairan dana APBN secara baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku akan semakin mudah untuk mewujudkannya. Untuk itu KPPN selaku Kuasa BUN di daerah Saumlaki ini sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh KPA/PPK/PPSPM/Bendahara Pengeluaran untuk melaksanakan pencairan dana APBN dengan baik dan benar secara proporsional, akurat, dan tepat waktu.

Yohanis juga menyampaikan bahwa seluruh pegawai KPPN Saumlaki siap untuk menerbitkan SP2D kurang dari satu jam atau maksimal satu jam atas SPM yang diajukan Satker secara lengkap dan benar. Menurutnya, amat tidak baik dan amat tidak bertanggung jawab jika terjadi keterlambatan pencairan dana APBN, yang akan menciderai aspirasi dan kepentingan rakyat.

Pada sesi selanjutnya adalah penyampaian review materi sosialisasi PMK-190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam rangka Pelaksanaan APBN yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan manajemen Satker KPPN Saumlaki Yofi Habibie Adnan. Sedangkan review materi Sosialisasi PER-47/PB/2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Kementerian Negara/Lembaga/Kantor/Satuan Kerja yang disampaikan oleh Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal KPPN Saumlaki Aly Umasugi, serta materi Sosialisasi PER-55/PB/2012 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga yang disampaikan oleh Staff Subbagian Umum KPPN Saumlaki Firman C.A.Poceratu.

Khusus untuk materi Sosialisasi PMK-32/PMK.02/2013 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2013 jo. PER-12/PB/2013 tentang Petunjuk Teknis Revisi Anggaran yang Menjadi Bidang Tugas Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun Anggaran 2013, disampaikan langsung oleh Tim Sosialisasi dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku yang dipimpin oleh Kepala Seksi PA-B pada Bidang PA Geset Ongge dan Praktik Proses Instalasi Aplikasi RKA-K/L dipandu oleh Martha Telehala dan Anatje Latumeten (anggota Tim Sosialisasi dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku).

Pada akhir acara, kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama dua hari ini ditutup secara resmi oleh Kepala KPPN Saumlaki. Kepala KPPN Saumlaki, Yohanis Mendila tak bosan-bosannya selalu mengingatkan di setiap kesempatan kepada para stakeholder bahwa pelayanan yang diberikan KPPN Saumlaki adalah Pelayanan Prima Tanpa Biaya dan Gratifikasi dengan pola Layanan Service Excellent secara “CERMAT”, yang berarti Cepat, Efektif, Ramah, Manusiawi, Akurat, dan Transparan.
Oleh: Yofi Habibie - Kontributor KPPN Saumlaki

Berita Nusantara Lainnya

Rakorda PPAKP Awal Kunci Sukses PPAKP 2014
Penandatanganan Kesepakatan, Sebagai Upaya Perbaikan Penyerapan Anggaran di Wilayah D.I. Yogyakarta
Seminar Mini: “Spending Review” (Bringing Campus Life to Office)
Kesuksesan Pembangunan di daerah butuh dukungan Pemerintah Pusat
Kontrak Kinerja Penyerapan Anggaran Tahun 2014
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia